Pengertian Warehouse

pengertian warehouse

Berikut ini saya akan membahas mengenai pengertian warehouse. Saya mencoba mengambil beberapa pengertian warehouse dari beberapa referensi dan definisi dari para ahli.

Pengertian Warehouse Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa ahli yang memberikan pengertian warehouse, antara lain:

1. Pengertian Warehouse dari Dimitris Chorafas

Salah satu ahli yang menyatakan tentang pengertian warehouse adalah Dimitris Chorafas [1]Chorafas, D. N. (1975). Warehousing: Planning, Organising and Controlling the Storage and Distribution of Goods. Michigan: American Elsevier. Chorafas menyebutkan bahwa suatu pergudangan merupakan paduan dari suatu proses pengelolaan barang secara fisik dengan dengan adanya berbagai dukungan dengan wujud aktifitas penyimpanan.

2. Pengertian Warehouse Menurut John Warman

John Warman menyatakan bahwa pengertian warehouse adalah sebuah bangunan yang digunakan untuk tempat menyimpan barang dagangan. Di dalam warehouse tersebut erdapat aktifitas menyimpan barang[2]Warman, J. (2004). Efective Warehouse Management. Industrial & Commercial Techniques Limited..

3. Pengertian Warehouse Menurut Wikipedia

Situs referensi ensiklopedia wikipedia menyebutkan bahwa pengertian warehouse adalah suatu tempat yang berfungsi menyimpan barang untuk produksi atau hasil produksi dalam jumlah dan rentang waktu tertentu yang kemudian didistribusikan ke lokasi yang dituju berdasarkan permintaan. Kendala yang dihadapi dalam pengelolaan warehouse adalah akurasi pergerakan barang dan menghitung rentang waktu barang disimpan. Dibutuhkan kontrol aktivitas pergerakan barang dan dokumen untuk meningkatkan efisiensi penggunaan warehouse agar jumlah dan rentang waktu barang disimpan dalam nilai minimum atau sesuai perencanaan.[3]https://id.wikipedia.org/wiki/Pergudangan

4. Pengertian Warehouse Menurut APICS

APICS memberikan pengertian warehouse sebagai suatu tempat untuk menerima, menyimpan, dan mengirimkan bahan. [4]The APICS Dictionary, 16h edition

5. Pengertian Warehouse Menurut Gwynne Richards

Dalam salah satu bukunya yang berjudul Warehouse Management, Gwynne Richards memberikan pengertian warehouse sebagai suatu tempat sementara untuk menyimpan inventori serta menjadi penyangga dalam proses supply chain. Tujuan utama dari warehouse adalah untuk memfasilitasi pergerakan barang dari pemasok ke pelanggan, agar dapat memenuhi permintaan secara tepat waktu dan hemat biaya. Gwynne Richards mengadaptasi pengertian warehouse ini dari Van den Berg (2011). [5]Richard, Gweyne. (2018). Warehouse Management. A Complete Guide to Improving Efficiency and Minimizing Costs in the Modern Warehouse, Third Edition

6. Pengertian Warehouse Menurut Saya

Kita bisa melihat banyak kesamaan dalam pengertian warehouse yang sudah disebutkan sebelumnya. Menariknya ada beberapa kesamaan yang bisa diambil dari beberapa pengertian warehouse tersebut, antara lain:

  1. Warehouse Merupakan Suatu Tempat
    Semua pengertian warehouse yang telah disebutkan selalu merujuk bahwa warehouse merupakan suatu tempat yang nyata secara fisik. Dalam pengertian ini, kita akan bisa menggali lebih dalam bagaimana ragam bentuk warehouse yang ada. Kita akan mengulasnya lebih lanjut di artikel yang mendatang.
  2. Adanya Aktifitas Di dalam Warehouse
    Salah satu hal yang menarik lainnya adalah pernyataan tentang adanya aktifitas di dalam warehouse. Pada umumnya menyebutkan bahwa ada proses penyimpanan di dalam warehouse. Menariknya, kita bisa lebih mendetailkan lagi tentang bagaimana proses penyimpanan di dalam warehouse ini.
  3. Warehouse Memiliki Berbagai Fungsi
    Ada pernyataan menarik dari pengertian warehouse yang disampaikan dari APICS. Di sana disebutkan bahwa warehouse memiliki 3 fungsi utama, yaitu menerima, menyimpan, dan mengirimkan.
  4. Warehouse Merupakan Bagian dari Proses Penunjang Dalam Mata Rantai Supply Chain
    Pernyataan warehouse sebagai bagian dari proses di dalam supply chain disampaikan oleh Richard Gweyne. Kita akan mengulasnya lebih lanjut pada artikel mendatang.

Dari berbagai pengertian warehouse yang disampaikan, dapat disimpulkan bahwa warehouse tidak hanya sekedar tempat yang ada secara fisik saja, tetapi juga ada berbagai aktifitas yang dilakukan di dalam warehouse. Selain itu, warehouse juga memiliki berbagai fungsi. Bahkan warehouse menjadi bagian dari proses penunjang di dalam mata rantai supply chain. Karena pentingnya warehouse, maka diperlukan pengelolaan yang profesional yang sering didefinisikan sebagai warehouse management.

Tulisan tentang pengertian warehouse ini juga merupakan suatu pengantar untuk berbagai bahasan yang berkenaan dengan warehouse management. Kita akan sama-sama mendiskusikan tentang berbagai macam jenis warehouse, fungsi warehouse tersebut, berbagai proses yang terjadi di dalam warehouse hingga berbicara tentang teknologi di dalam warehouse. Dalam kaitan teknologi, kita akan akan membahas 3 inti utama di dalam teknologi yaitu manusia (humanware), perangkat keras (Hardware), hingga perangkat lunak (Software). Ketiga inti utama tersebut akan dibahas secara bergantian tentang bagaimana teknologi tersebut dapat mendukung berbagai hal di dalam warehouse.

Selain hal-hal yang mendasar tentang warehouse management, saya juga akan membahas berbagai topik kekinian yang berkaitan dengan warehouse. Misalnya riset-riset baru tentang warehouse, teknologi baru dan lainnya.

Tidak lupa, saya pasti akan sisipkan tools yang dapat membantu Kamu dalam pengelolaan warehouse, baik berupa rumus yang bisa Kamu gunakan secara online, software penunjang maupun file pendukung lainnya.

Selamat menyelami blog ini, dan terima kasih telah berkunjung.

Referensi

Referensi
1 Chorafas, D. N. (1975). Warehousing: Planning, Organising and Controlling the Storage and Distribution of Goods. Michigan: American Elsevier
2 Warman, J. (2004). Efective Warehouse Management. Industrial & Commercial Techniques Limited.
3 https://id.wikipedia.org/wiki/Pergudangan
4 The APICS Dictionary, 16h edition
5 Richard, Gweyne. (2018). Warehouse Management. A Complete Guide to Improving Efficiency and Minimizing Costs in the Modern Warehouse, Third Edition
Scroll to top